Sekilas Info :
Tuesday, 25 Jun 2024
  • Website Resmi Prodi Diploma III Administrasi Perkantoran FISIP UNTAN
28 February 2024

Workshop Kurikulum Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran FISIP UNTAN 2024

Wednesday, 28 February 2024 Kategori : FISIP / Kaprodi

Bertepatan pada tanggal 28 Februari 2024, Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura sukses menggelar acara Workshop Kurikulum dengan tema “Pengembangan Kurikulum Diploma III Administrasi Perkantoran di Era Digital“. Hadir pada kesempatan ini tamu undangan dari Organisasi Perangkat Daerah, Perbankan, Perusahaan, Kantor Pajak, Alumni, Mahasiswa, dan ada juga utusan dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri dan Swasta Prodi Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB), Akuntansi, dan Teknologi Informasi dari wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan Workshop Kurikulum ini bertujuan ingin mendengar masukan dari para Stakehoder sebagai User alumni Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura. Era sekarang dimana teknologi informasi sudah berkembang begitu cepat dan sedang mulai meninggalkan era 4.0 (internet of things), menuju era 5.0 (society) dengan produk yang baru muncul yaitu Artificial Inteligent (AI) atau kecerdasan buatan. Kondisi seperti ini mengharuskan lembaga pendidikan khususnya Program Studi  Administrasi Perkantoran untuk terus berbenah dan meng-update materi pembelajaran agar tidak kalah dengan perkembangan tuntutan jaman.

Kegiatan pengembangan kurikulum di Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran ini berupaya untuk mengadaptasikan mata kuliah yang ada diarahkan kepada tuntutan teknologi informasi terkini. Ada beberapa mata kuliah yang dirubah namanya, ada yang muncul mata kuliah baru, dan bahkan ada mata kuliah yang dihilangkan sesuai dengan tuntutan keilmuan dan tuntutan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri terkini. Dalam pembahasan workshop kurikulum ini Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran mendatangkan narasumber dari Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI) untuk sharing pendapat dan sharing pengetahuan dalam pengembangan kurikulum secara nasional untuk Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran.

Hasil dari kegiatan workshop kurikulum ini akan menjadi pijakan perubahan kurikulum Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran menjadi “Kurikulum Administrasi Perkantoran Digital” yang akan terlihat pada mata kuliah-mata kuliah yang akan diberikan kepada mahasiswa, sehingga diharapkan lulusan dari Program Studi Diploma III Administrasi Perkantoran mampu mengaplikasikan ilmunya sesuai dengan tuntutan di dunia kerja dan dunia industri saat ini.

Rekaman Live YouTube workshop kurikulum Prodi Diploma III Administrasi Perkantoran FISIP UNTAN ini dapat anda saksikan di Channel Youtube FISIP UNTAN berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=S96ICPU5wec